Pasang Iklan Banner 343.000 per BULAN di blog ini Sms 087816551473 meiko7998@gmail.com Iklan Baris 343.000 bayar pake pulsa hp

Friday, June 7, 2024

Apa Itu Susu Evaporasi, Berikut Manfaat dan Perbedaannya dengan Susu Kental Manis


#1:Apa Itu Susu Evaporasi, Berikut Manfaat dan Perbedaannya dengan Susu Kental Manis


Bandung - Baru-baru ini warganet dibuat heboh dengan video viral yang memperlihatkan satu keluarga keracunan usai menyantap masakan yang dibuatnya. Diketahui makanan tersebut merupakan ikan tuna santan yang dicampur dengan susu evaporasi.

Melalui video terpisah, sang pemilik video menceritakan bagaimana kronologi keluarganya bisa keracunan makanan. Singkat, diketahui sang pemilik video ternyata tidak mengetahui bahwa susu evaporasi tidak bisa bertahan lama meskipun sudah disimpan di dalam kulkas.

Mengutip dari situs Milko, susu evaporasi cair memang termasuk susu yang kurang bertahan lama terutama setelah kemasannya dibuka. Susu evaporasi yang sudah dibuka hanya bisa bertahan lama selama 3 hingga 4 hari dalam kulkas atau 5 hingga 6 hari dalam freezer.

Sejak itu, publik mulai penasaran dengan apa itu susu evaporasi dan kandungan yang ada di dalamnya. Tidak sedikit juga yang menyebutkan susu evaporasi memiliki kesamaan dengan susu kental manis padahal keduanya sangat berbeda.

Melansir dari beberapa sumber, dijelaskan bahwa, susu evaporasi merupakan susu sapi yang dipanaskan hingga mengurangi sekitar 60 persen kadar air dan tanpa penambah gula. Susu evaporasi dianggap lebih sehat karena dinilai rendah gula.

Susu evaporasi juga dikenal memiliki kandungan yang lebih tinggi protein, kalsium, hingga fosfor dari susu segar. Sehingga, singkatnya susu ini masih memiliki kandungan susu murni dan berbeda dengan susu kental manis yang tidak semuanya bersumber dari susu murni.

Sebagai informasi susu evaporasi melalui proses pembuatan dengan memanaskan susu sapi pada tekanan rendah sampai kadar airnya berkurang sekitar setengahnya. Hal tersebut dilakukan agar susu tetap segar meski berada dalam suhu ruangan.

Karena tidak menggunakan gula, susu evaporasi mempunyai rasa yang sama seperti susu biasa, tetapi lebih pekat dan gurih. Warnanya juga sama seperti susu biasa, tetapi lebih sedikit gelap karena konsentrasi laktosa dan protein yang terjadi saat proses memasaknya.

Pada umumnya, susu evaporasi bisa diminum langsung dengan menambahkan air atau sebagai campuran teh atau sereal. Kemudian susu ini juga sering menjadi bahan campuran membuat kue, sup krim, hingga es buah.
 

0 comments:

Post a Comment